Puisi Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Puisi tema Sumpah Pemuda, khususnya untuk pelajar diharapkan mampu menumbuhkan rasa nasionalisme dan mengingat sejarah tentunya. Hari bersejarah yang ditandai dengan kebangkitan para pemuda di jaman tersebut. Puisi sumpah pemuda yang singkat dan penuh makna, haru namun membangkitkan semangat. Ingatan atas puisi dan Sumpah Pemuda memberi rujukan atas nasib Indonesia. Puisi perlahan jarang menentukan politik Indonesia. Pengesahan bahasa Indonesia secara konstitusional justru meminggirkan puisi. Politik bergerak di jalan prosa. Indonesia adalah antologi penjelasan prosaik. Lalu apa makna puisi sumpah pemuda?

Puisi Sumpah Pemuda begitu banyak puisi bertema Sumpah Pemuda yang bertengger dan saling memamerkan keindahannya lewat kata-kata, semuanya sarat makna, tak cukup hanya sekali untuk membacanya, karena makna yang tersirat dan tersurat sedemikian dalamnya. Karya puisi mengalami perkembangan sesuai dengan pengaruh yang datang dari Barat. Karya puisi yang saat ini berkembang tidak terikat lagi oleh aturan-aturan penulisan seperti halnya pada penulisan puisi lama.

Puisi Sumpah Pemuda


Puisi Sumpah Pemuda


Kumpulan Puisi Bertemakan Sumpah Pemuda Untuk Semangat Pemuda Indonesia mengenai Sumpah Pemuda khususnya pemuda pemudi Indonesia di hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober.  Banyak hal untuk mengenang atau memperingatinya salah satunya dengan membaca puisi. Kumpulan Puisi Sumpah Pemuda. Dari sinilah inspirasi untuk menulis puisi sumpah pemuda sebagai bentuk cinta tanah air dan bangsa. Tanggal 28 Oktober merupakan tanggal bersejarah bagi para pemuda pemudi indonesia. Dimana pada tanggal itu semua peuda pemudi bertumpah darah memperjuangkan Indonesia. Untuk memperingatinya biasanya diisi dengan banyak hal, salah satunya adalah pembacaan puisi.

Untuk mengingat dan merefleksikan diri kita sebagai pemuda yang hidup di jaman yang serba modern, puisi Sumpah Pemuda ini bisa membantu kita semua untuk tidak kehilangan semangat para pemuda di tahun 1928 tersebut. Kumpulan puisi yang ditulis dengan penuh semangat sekaligus mengkritisi sikap pemuda masa kini menjadi penanda bahwa bangsa Indonesia selalu mampu mencetak generasi emas di setiap jamannya.

Semangat persatuan untuk meraih kemerdekaan demi kehidupan bernegara yang lebih baik dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui puisi. Sumpah Pemuda  mampu menjadi sumber aspirasi dan inspirasi cendekiawan Indonesia, termasuk para sastrawan, khususnya penyair. Mereka memanfaatkan semangat Sumpah Pemuda untuk menyadarkan, menyemangati, dan memompa jiwa kebangsaan demi mencapai satu tujuan mulia, yakni kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, lahirlah puisi-puisi karya anak bangsa yang mengangkat semangat kebangsaan Indonesia di sejumlah wilayah Indonesia.

Source: http://butalbital.jimdo.com/


0 Response to "Puisi Memperingati Hari Sumpah Pemuda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel